Sunday, 28 November 2010 06:04

STUDI KELAYAKAN KEGIATAN USAHA

PT. PRIMA USAHA MITRA ABADI ( KAROSERI PUTRA )

1.   Pendahuluan

1.1  Latar Belakang

Sebagai konsekuensi logis dari pertumbuhan dan perkembangan sektor transportasi darat yang merupakan suatu bagian integral Pembangunan Nasional.

Strategi dasar pembangunan transportasi yang mengarah dan mengacu kepada penerapan sisten transportasi terpadu yang ditopang oleh keseimbangan serta keselarasan dan keterpaduan antara setiap penggunaan transportasi.

Disadari sepenuhnya bahwa perencanaan dan implementasi transportasi yang mancakup aspek luas dan melibatkan fungsi banyak serta menghadapi tantangan, mulai dari pengadaan sarana transportasi, Ekspor-Impor serta jasa angkutan umum dan kendaraan niaga.

Untuk mencapai hal tersebut diatas, maka kami PT. PRIMA USAHA MITRA ABADI yang bergerak di bidang industri karoseri khususnya untuk kendaraan angkutan niaga akan ikut berpartisipasi dalam rangka untuk mendukung program pemerintah melalui penyediaan sarana angkutan barang / angkutan niaga yang sesuai dengan kebutuhan kegiatan usaha pelaku bisnis dengan pertimbangan mutu, kualitas, keamanan dan keselamatan angkutan tersebut baik bagi pengguna itu sendiri maupun orang lain.

 

1.2 Usaha Yang Sedang Dikembangkan

Usaha yang sedang dilaksanakan oleh perusahaan adalah memproduksi dan merakit berbagai macam karoseri untuk semua jenis serta merek kendaraan khususnya untuk kendaraan niaga antara lain :

 

a.       Dump Body

Sebagai kendaraan niaga angkutan barang dengan kondisi terbuka yang penggunaannya untuk mengangkut barang dengan jenis padat, antara lain : Tanah, Batu Kali, Pasir, Batu Bara dan hasil tambang lainnya.

b.      Tangki

Sebagai kendaraan niaga angkutan barang dengan kondisi tertutup yang penggunaannya untuk mengangkut barang dengan jenis cairan, antara lain : Air, Cairan Kimia, Cairan BBM dan lain sebagainya.

c.       Bak Besi dan Bak Kayu

Sebagai kendaraan niaga angkutan barang dengan kondisi terbuka yang penggunaannya untuk mengangkut barang dengan berbagai jenis, antara lain : hasil industri, hasil peternakan, hasil perkebunan, hasil pertanian dan lain sebagainya.

 

 

d.      Semi Trailer

Sebagai kendaraan niaga angkutan barang dengan kondisi terbuka yang penggunaannya untuk mengangkut barang dalam jumlah serta kapasitas angkut yang sangat besar serta untuk mobilisasi container yang berisikan hasil-hasil industri yang akan dikirim ke daerah lain serta ekspor ataupun sebaliknya.

e.       Box Besi & Box Alluminium

Sebagai kendaraan niaga angkutan barang dengan kondisi tertutup yang penggunaannya antara lain meliputi angkutan dari hasil industri yang membutuhkan pengamanan serta perlindungan agar barang-barang yang diangkut terhindar dari terkenanya sinar matahari serta hujan secara langsung

f.       Box Fiber Glass

Sebagai kendaraan niaga angkutan barang dengan kondisi tertutup yang penggunaannya antara lain meliputi angkutan dari hasil pertanian, peternakan, perikanan dan lain sebagainya yang membutuhkan suhu udara tertentu sesuai dengan kebutuhan yang diangkut.

 

2.   Aspek Pasar

2.1 Kondisi Umum Pemasaran

2.2 Potensi Pasar & Peluangnya

Dengan perkembangan perilaku konsumen khususnya pamakai sarana angkutan barang telah menunjukkan perubahan yang pesat, dan secara singkat dapat diuraikan sebagai berikut :

-         Permintaan modal dan jasa produksi terus bertambah karena didukung oleh kemajuan jaman serta untuk meningkatkan tenaga-tenaga handal

-         Pasar untuk karoseri di wilayah Jabotabek & Jawa Barat masih terbuka luas baik tingkat volume maupun wilayahnya.

-         Hal ini dapat dilihat dari indikasi-indikasi yang ada dan semakin beraneka ragam produksi sejalan dengan permintaan pasar yang semakin luas.

 

2.3 Wilayah Pemasaran

Pada saat ini wilayah pemasaran PT. PRIMA USAHA MITRA ABADI (PUTRA) sudah meliputi wilayah Jabotabek, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur dan Bali. Bahkan saat ini sudah banyak konsumen kita yang berada di wilayah Sumatera , Kalimantan , Sulawesi , Irian dan NTT.

2.4 Sistem Pemasaran

Untuk memasarkan produk diatas, maka kami menggunakan system pemasaran langsung ataupun dengan system pemasaran tidak langsung.

Yang dimaksud dengan system pemasaran langsung yaitu, kami mendatangi langsung ke pasar, terumata pada Perseroan Terbatas ataupun pada perorangan dan sekaligus kami menindaklanjutinya secara berkala.

Sedangkan untuk system pemasaran tidak langsung yaitu, kita lakukan melalui bantuan atau kerjasama dengan Dealer / Showroom / Outlet kendaraan berbagai merek.

 

3.   Aspek Ekonomi & Lingkungan

PT. PRIMA USAHA MITRA ABADI (PUTRA)  berkantor di Jl. Raya Cikampek Sadang no.88, begitu juga dengan Workshop dimana letaknya yang strategis karena lokasi tersebut terletak jalan utama pertigaan diantara segitiga kota besar yaitu, Jakarta, Bandung dan Cirebon. Lokasi tersebut juga berada tidak jauh dari kawasan industri di Jawa Barat yang mana banyak memerlukan sarana transportasi khususnya angkutan barang.

Tenaga kerja yang diambil diprioritaskan dari penduduk setempat sehingga dapat untuk mengurangi pengangguran, kami juga menerima tenaga kerja yang nantinya akan kami didik menjadi tenaga dengan sumber daya manusia yang handal untuk mencapai mutu guna mendapatkan kualitas produk yang baik dan dapat dipertanggungjawabkan  guna untuk bisa bersaing dalam era globalisasi.

Sisa dari hasil produksi / limbah produksi yang dihasilkan sangat tidak mengganggu lingkungan, karena limbah yang dihasilkan adalah bukan limbah cair ataupun zat-zat karbon yang dampaknya sangat menggangu lingkungan, melainkan limbah yang dihasilkan adalah berupa zat padat antara lain, potongan-potongan besi & alluminium yang mana limbah tersebut masih dapat didaur ulang kembali untuk dijadikan material yang siap untuk dipakai kembali.

Last Updated on Tuesday, 11 September 2012 06:45
 

Copyright © 2010 PT.PRIMA USAHA MITRA ABADI. All Rights Reserved